Senin, 25 April 2011

komunikasi bisnis


LAPORAN BISNIS
(BUSINESS REPORTS)
LAPORAN BISNIS ADALAH SUATU LAPORAN YANG MEMILIKI SIFAT NETRAL, TIDAK MEMIHAK, MEMILIKI TUJUAN YANG JELAS, DAN BERISI RENCANA PENYAJIAN FAKTA KEPADA SEORANG ATAU LEBIH UNTUK TUJUAN BISNIS TERTENTU.
LAPORAN BISNIS ADALAH PESAN-PESAN YANG OBJEKTIF DAN TERSUSUN TERATUR, YANG DIGUNAKAN UNTUK MENYAMPAIKAN INFORMASI DARI SUATU BAGIAN ORGANISASIONAL ATAU DARI SATU INSTITUSI/LEMBAGA, KE LEMBAGA LAIN, UNTUK MEMBANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN ATAU PEMECAHAN MASALAH.
v  MENURUT FUNGSINYA
                A. INFORMATIONAL REPORTS :
                                - LAPORAN PERKEMBANGAN     (PROGRESS REPORTS)
                                - LAPORAN SEMENTARA (INTERIM          REPORTS)
                                - LAPORAN TRIWULAN (QUARTERLY       REPORTS)
B. ANALITYCAL REPORT:
                                - RECOMMENDATION REPORTS
                                - JUSTIFICATION REPORTS
v MENURUT SUBJEKNYA
                LAPORAN AKUNTANSI, LAPORAN PERIKLANAN, LAPORAN PEMBELANJAAN DLL.
v MENURUT FORMALITAS
                LONG REPORTS/LAPORAN FORMAL
                SHORT REPORTS/LAPORAN NONFORMAL
v  MENURUT KEASLIAN
                LAPORAN OTORITAS DAN LAPORAN SUKARELA.
v  MENURUT FREKUENSI
                LAPORAN BERKALA DAN LAPORAN KHUSUS
v  MENURUT JENIS ATAU PENAMPILAN
                LAPORAN MEMORANDUM, LAPORAN SURAT.
v  MENURUT KEASLIAN
                LAPORAN OTORITAS DAN LAPORAN SUKARELA.
v  MENURUT FREKUENSI
                LAPORAN BERKALA DAN LAPORAN KHUSUS
v  MENURUT JENIS ATAU PENAMPILAN
                LAPORAN MEMORANDUM, LAPORAN SURAT.
v  MENURUT PELAKSANAAN PROYEK
                LAPORAN PENDAHULUAN, LAP. PERKEMBANGAN DAN LAPORAN AKHIR.
v  MENURUT PELAKSANAAN PERTEMUAN
                AGENDA, RESOLUSI, NOTULEN DAN LAPORAN PERTEMUAN (PROCEEDINGS).
BAGIAN POKOK LAPORAN
ü  PENDAHULUAN
ü   TEKS (BODY) DAN
ü   PENUTUP
CARA MENYUSUN TUBUH LAPORAN
v CARA DEDUKTIF ATAU LANGSUNG YAITU MENGGAMBARKAN LAPORAN DARI BELAKANG KE DEPAN ATAU MENJELASKAN IDE POKOK ATAI REKOMENDASI TERLEBIH DAHULU SEBELUM MENJELASKAN HAL-HAL YANG RINCI.
v CARA INDUKTIF  MENJELASKAN FAKTA-FAKTA YANG ADA SEBELUM IDE POKOK DAN KESIMPULAN ATAU REKOMENDASI YANG DIKEMUKAKAN.
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar