Minggu, 03 April 2011

tugas terstruktur komunikasi bisnis

TUGAS TERSTRUKTUR
MATA KULIAH : KOMUNIKASI BISNIS
DOSEN : KUSTIAWATI NINGSIH, MP.


Pelajarilah contoh kasus di bawah ini kemudian jawablah dengan berlandaskan pada materi yang telah ada.

1. Sebuah memo sering hanya memiliki tujuan tunggal (single purpose). Apakah anda setuju terhadap pernyataan tersebut? Mengapa?

2. Sebuah perusahaan ternama di ibukota yang bergerak di bidang properti mengusulkan suatu kebijakan yang baru; pada tahun mendatang, seluruh staf perencanaan harus lulusan MBA dari universitas luar negeri yang ternama. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi persaingan dunia bisnis properti yang dari tahun ke tahun semakin marak dan tajam. Untuk meyakinkan boss Anda, yaitu Direktur Perencanaan, maka saluran dan media apa yang akan Anda gunakan.


3. Seandainya Anda diminta untuk memberikan ceramah di hadapan masyarakat yang memiliki latar belakang yang berbeda dengan pendidikan Anda, apa saja yang perlu Anda persiapkan agar komunikasi Anda bisa mencapai sasaran?

4. Anda adalah seorang karyawan di toko terkenal di Surabaya. Tugas anda sehari-hari adalah menyeleksi semua produk sebeluim diperjual belikan di toko tersebut. Dalam proses seleksi tersebut, anda menemukan beberapa jenis produk makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa. Atas dasar itu buatlah analisis CFR mengenai temuan anda.


5. Anda adalah seorang karyawan di sebuah Bank terkenal di Kabupaten Pamekasan. Tugas Anda adalah sebagai Customer Service. Pada suatu hari, ada seorang calon nasabah datang ke Anda yang karena sesuatu dan lain hal di bank terdahulu dia menutup rekeningnya dan menyatakan ingin pindah dan membuka rekening baru di bank tempat anda bekerja. Bagaimana cara Anda memotivasi calon nasabah tersebut agar yakin untuk menjadi nasabah di bank tempat anda bekerja?

1 komentar: