Senin, 02 April 2012

Outline Materi 1. Komunikasi di dunia bisnis 2. Hambatan komunikasi bisnis 3. Saluran komunikasi formal dan informal Fungsi Komunikasi Bisnis Fungsi internal dan external komunikasi bisnis secara umum : 1. Menginformasikan (to inform) 2. Membujuk (to persuade) 3. Mempromosikan (to promote goodwill) Komunikasi Bisnis Internal • Internal : atasan, bawahan dan rekan kerja • Fungsi : • Mengeluarkan dan menjelaskan peraturan/prosedur • Menginformasikan progres perusahaan • Mendorong pegawai melakukan perbaikan • Evaluasi, memberi penghargaan dan menegur pegawai Komunikasi Bisnis External • Eksternal : konsumen, suplier, pemerintah, dan publik • Fungsi : • Membujuk konsumen membeli produk • Menjelaskan produk atau layanan • Mengklarifikasi spesifikasi yang dibutuhkan • Mempromosikan image positif perusahaan • Memberikan kredit dan menagih piutang Bentuk Komunikasi Bisnis • Komunikasi tertulis : – Pengumuman, memo, e-mail, surat, laporan, proposal dll. • Keuntungan : – Catatan permanen – Pesan yang terencana – Ekonomis – Distrubusi lebih mudah. Hambatan Komunikasi Bisnis • Iklim komunikasi tertutup, karyawan sedikit mengetahui tentang perusahaan, informasi dikuasasi oleh pemimpin. • Struktur organisasi yang besar dan berjenjang, distorsi, penyampaian tertunda, persepsi berbeda. • Filtering, pesan dirubah, diperpendek atau diperpanjang. • Tidak percaya, merasa diperdaya, dimanipulasi atau diperlakukan dengan tidak adil. • Rivalitas antar karyawan, saling merahasiakan informasi yang bisa menguntungkan orang lain. • Status dan power. Mengatasi Hambatan Komunikasi Bisnis • Mendorong iklim komunikasi terbuka, mendorong masukan dan feedback dari karyawan • Menyederhanakan struktur organisasi, mengurangi layer, informasi lebih cepat • Mempromosikan komunikasi horisontal, meningkatkan moral, menambah ide-ide. • Membuat pusat isu, karyawan bisa mengkonfirmasi isu yang berkembang • Membuat saluran formal seperti newsletter untuk memuat berita/informasi perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar