Kamis, 24 November 2011

manajemen SDM


BAB 5. MEWAWANCARAI CALON
WAWANCARA ADALAH PROSEDUR YANG DIRANCANG UNTUK MENGUMPULKAN INFORMASI DARI TANGGAPAN LISAN SESEORANG TERHADAP PENYELIDIKAN LISAN.
JENIS-JENIS WAWANCARA
v  WAWANCARA TIDAK TERARAH
SEBUAH WAWANCARA TAK TERSTRUKTUR DENGAN GAYA PERCAKAPAN. PEWAWANCARA MENGIKUTI POKOK-POKOK MINAT SAAT MUNCUL DALAM TANGGAPAN TERHADAP PERTANYAAN.               
v  WAWANCARA TERARAH
SEBUAH WAWANCARA YANG MENGIKUTI SEPERANGKAT URUTAN PERTANYAAN.
v       WAWANCARA STRESS
SEBUAH WAWANCARA YANG PADANYA PELAMAR DIBUAT JENGKEL DENGAN SERANGKAIAN PERTANYAAN YANG SERING KASAR. TEKNIK INI MEMBANTU MENGIDENTIFIKASI PELAMAR YANG HIPERSENSITIF DAN PELAMAR YANG BERTOLERANSI STRESS YANG TINGGI ATAU RENDAH.
v  WAWANCARA PENILAIAN
SEBUAH PEMBAHASAN YANG MENGIKUTI SEBUAH PENILAIAN KINERJA YANG PADANYA PENYELIA DAN KARYAWAN MEMBAHAS PENILAIAN KARYAWAN DAN TINDAKAN PERBAIKAN YANG MUNGKIN.
v  WAWANCARA SITUASIONAL
SEPERANGKAT PERTANYAAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN JABATAN YANG BERFOKUS PADA CARA CALON AKAN BERLAKU PADA SITUASI TERTENTU.
v  WAWANCARA SERIAL
SEBUAH WAWANCARA DIMANA PELAMAR DIWAWANCARAI SECARA BERURUTAN OLEH BEBERAPA ORANG DAN MASING-MASINGNYA MENILAI PELAMAR BERDASARKAN SEBUAH BENTUK STANDARD.
v  WAWANCARA PANEL
SEBUAH WAWANCARA DIMANA SEBUAH KELOMPOK PEWAWANCARA MENANYAI PELAMAR.
KESALAHAN WAWANCARA YANG LAZIM
Ø  PENILAIAN TERGESA-GESA
Ø  TEKANAN YANG NEGATIF
Ø  KURANGNYA PENGETAHUAN TENTANG PEKERJAAN
Ø  KESALAHAN URUTAN (KONTRAS) CALON : SUATU KESALAHAN PENILAIAN PADA PIHAK PEWAWANCARA KARENA MEWAWANCARAI SATU ATAU LEBIH CALON YANG SANGAT BAIK ATAU SANGAT JELEK HANYA SEBELUM WAWANCARA YANG DIBICARAKAN.
Ø  PENGARUH DARI PERILAKU NONVERBAL
Ø  TERLALU BANYAK/TERLALU SEDIKIT BICARA
PEDOMAN MELAKSANAKAN WAWANCARA
  1. MERENCANAKAN WAWANCARA
  2. BINALAH HUBUNGAN
  3. AJUKANLAH PERTANYAAN
  4. TUTUPLAH WAWANCARA
  5. TINJAULAH WAWANCARA.